Minggu, 25 November 2012

Etika Dan Profesi



                                                       
Etika  merupakan tata cara atau tindakan yang dilakukan secara memperhatikan norma – norma dan keabsahan hukum yang berlaku didalam kehidupan manusia, yang diterima oleh budaya atau kebiasaan yang sesuai dengan norma norma, meliputi norma bhukum, norma agama, norma social.

Etika & Teknologi
Etika dalam dunia IT meliputi:
-          Tidak mencontek hasil karya orng lain apa lagi mengaku hasiln karya orang lain sebagai hasil karya kita, sebagai contoh membajak program atau aplikasi milik orang lain, karena suatu karyadilindungi oleh hokum HAKI.
-          Tidak membuat produk produk IT seperti program, aplikasi, softwere untuk tujuan melanggar hokum seperti membobol atm, membobol database, dan menjebol system security yang ada pada sebuah system seperti sytem keamanan database.
-          Tidak menjiplak design atau rancngan seperti rancangan program, aplikasi dan sebagainya.
-          Tidak melanggar UU IT dan norma- norma yang berlaku di masyarakat, missal norma asusila, norma agama.

Profesi
Profesi merupakan suatu kegiatan atau tindakan seseorang  dalam rangka mencapai suatu tujuan yang menghasilkan uang.  Pprofesi dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang bidang tertentu, yang biasanya keahlian tersebut dihasilkan dari pembelajaran, baik secara formal (sekolah, kuliah, ataupun kursus) maupun informal ( secara otodidak) 
Sejarah Etika Komputer
·        Era 1940 – 1950-an
Diawali dengan penelitian Norbert Wiener ( Prof. dari MIT ) tentang komputasi pada meriam yang mampu menembak jatuh pesawat yang melintas di atasnya (PD II ).
·        Ramalannya tentang komputasi moderen yang pada dasarnya sama dengan system jaringan syaraf yang bisa melahirkan kebaikan sekaligus malapetaka.
·        Era 1960-an
Ungkapan Donn Parker : “that when people entered the computer center, they left their ethics at the door”.
·        Dalam contoh kasus pemrosesan data, spesialis computer bisa mengetahui data apa saja secara cepat.
·        Era 1980-an
Kemunculan kejahatan computer ( virus, unauthorized login, etc ).
·        Studi berkembang menjadi suatu diskusi serius tentang masalah etika computer. Lahirlah buku “Computer Ethics” ( Johnson, 1985 ).
·        Era 1990-an sampai sekarang
Implikasi pada bisnis yang semakin meluas akibat dari kejahatan computer, membuat lahirnya forum-forum yang peduli pada masalah tersebut.
( ETHICOMP by Simon Rogerson, CEPE by Jeroe van Hoven etc ).

Isu-Isu Pokok Etika Komputer
·        Kejahatan Komputer
Kejahatan yang dilakukan dengan computer sebagai basis teknologinya.
Virus, spam, penyadapan, carding, Denial of Services ( DoS ) / melumpuhkan target
·        Cyber ethics
Implikasi dari INTERNET ( Interconection Networking ), memungkinkan pengguna IT semakin meluas, tak terpetakan, tak teridentifikasi dalam dunia anonymouse.
·        Diperlukan adanya aturan tak tertulis        Netiket, Emoticon.
·        E-commerce
Otomatisasi bisnis dengan internet dan layanannya, mengubah bisnis proses yang telah ada dari transaksi konvensional kepada yang berbasis teknologi, melahirkan implikasi  negative; bermacam kejahatan, penipuan, kerugian karena ke-anonymouse-an tadi.
  • Pelanggaran HAKI
Masalah pengakuan hak atas kekayaan intelektual. Pembajakan, cracking, illegal software dst.
  • Tanggung jawab profesi
Sebagai bentuk tanggung jawab moral, perlu diciptakan ruang bagi komunitas yang akan saling menghormati. Misalnya IPKIN ( Ikatan Profesi Komputer & Informatika-1974 )





Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Etika dan Profesionalisme itu saling berkaitan. Kita tidak dapat mengingkari bahwa segala bentuk profesi itu sendiri memiliki etika ataupun kode etik. Baik profesi tersebut harus memiliki  keahlian ataupun tidak.  Standar etika sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan profesionalisme setiap induvidu. Individu yang dianggap beretika dan profesionalisme adalah individu yang mampu menjaga kejujuran , kerahasiaan , dan juga nama baik dari instansi tempat dia bekerja.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar